Tim delegasi legal opinion

Forum Riset dan Debat Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta turut berpartisipasi dalam kegiatan University of Hasanuddin VIII Paper Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini memperlombakan 2 cabang lomba, yaitu Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Legal Opinion. Pada kesempatan kali ini, FRDM FH UPNVJ mengirimkan satu tim delegasi dalam lomba Legal Opinion yang diikuti oleh 18 tim delegasi dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan kompetisi ini dimulai dari tanggal 16 Juni – 7 Agustus 2024. Seluruh rangkaian kegiatan dalam kompetisi ini diselenggarakan secara daring.

Dalam Kompetisi Legal Opinion, para delegasi akan diberikan sebuah studi kasus yang berkaitan dengan hukum oleh pihak penyelenggara kompetisi yang nantinya akan dianalisis lebih dalam oleh para delegasi. Dalam penyusunan berkas Legal Opinion ini, para delegasi diharuskan untuk memahami kasus secara mendetail dengan mempertimbangkan semua fakta dan dasar hukum yang sesuai sehingga permasalahan/sengketa dalam kasus tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan tetap berlandaskan pada hukum yang berlaku. Setelah penyusunan berkas, berkas tersebut akan dikumpulkan dan dinilai oleh para juri yang dalam hal ini adalah para praktisi dan konsultan hukum. Kemudian, dari penilaian tersebut akan dipilih 5 delegasi dengan nilai berkas tertinggi untuk masuk ke babak final dan mempresentasikan berkasnya di depan dewan juri melalui platform zoom meeting.

Berita Terkait:  KPK Tak Perlu Minta Maaf Kabasarnas Jadi Tersangka

Setelah melalui tahapan penilaian berkas, tim delegasi Legal Opinion FRDM FH UPNVJ berhasil lolos ke babak final dan menjadi salah satu dari lima berkas terbaik. Pada tanggal 6 Agustus 2024, tim delegasi yang terdiri dari Yunizar Falevi dan Farras Achmad Joenaedi melakukan presentasi melalui platform zoom meeting dan pelaksanaannya dilangsungkan secara offline di ruang rapat lantai 2 Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.  Dalam babak final tersebut, hasil penilaian yang diberikan oleh para dewan juri sangat berselisih sangat tipis antara satu delegasi dengan delegasi lainnya. Pada kompetisi tersebut tim delegasi berhasil menempati posisi ke 5 dengan total nilai 2328,5 dari bobot maksimal 2500.

Share

Contact Us

× Ada yang bisa dibantu?