Wakil Dekan Bidang Akademik yang juga Ahli Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Dr. Beniharmoni Harefa, S.H., LL.M. menjadi Narasumber dalam acara Law Charity Event dengan tema “Design Your Better Future” yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta pada Senin, 27 Mei 2024 di Lembaga Khusus Pembinaan Anak (LPKA) Kelas II Jakarta.

Materi yang dibawakan oleh Narasumber pada penyuluhan hukum antara lain Hak Asasi Manusia (HAM), dan prosedur hukum yang relevan dengan kehidupan narapidana anak dalam lembaga kemasyarakatan. Selain itu materi yang disampaikan juga terkait dengan pemahaman untuk menghindari pelanggaran hukum di masa depan, seperti dengan meningkatkan kesadaran hukum untuk mencegah pelanggaran, membiasakan diri berpikir secara kritis, dan mengetahui konsekuensi dari suatu tindakan.

Berita Terkait:  Peserta Pembekalan Magang MBKM Memperoleh Gambaran Profesi Pengacara Publik LBH Jakarta bersama Astatantica Belly Stanio, S.H.

Selanjutnya mengenai pemahaman tentang hak asasi manusia, seperti hak untuk hidup, hak untuk memperoleh keadilan, hak atas kebebasan pribadi, dan hak atas rasa aman. Berikutnya mengenai hak-hak peradilan yang diterima oleh setiap individu seperti hak untuk diproses secara adil dan tidak diskriminatif, hak untuk mendapatkan pemberitahuan tentang tuduhan yang dihadapi, hak untuk menghadiri sidang pengadilan dan memberikan pembelaan, dan lain sebagainya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta, Akhmad Sobirin Soleh, A.Md.IP., S.H., dan menghadirkan Narasumber lain yaitu Ninette Putri Mustika, M.Psi., Psikolog selaku psikolog yang memberikan motivasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental selama di lembaga pembinaan anak dan pentingnya memandang masa depan.

Share

Contact Us

× Ada yang bisa dibantu?