Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

Dalam rangka pembukaan Kuliah Semester Genap 2021/2022, Magister Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta menyelenggarakan Kuliah Umum/ Webinar Nasional Jumat 11 Februari 2022, dengan Tema Pembangunan, Investasi serta Perkembangan Hukum Bisnis di Era Digitalisasi.

Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Dr. Abdul Halim, M.Ag. Hadir sebagai Narasumber : Prof. Dr. H. Endang Sutrisno, SH, MHum (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon). Dr. Iskandar Simorangkir, SE, MA (Deputi I Kemenko Perekonomian RI). Dr. Mahmul Siregar, SH, MHum (Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara).

Dalam sambutannya Dekan FH UPN Veteran Jakarta menyampaikan bahwa sudah menjadi tradisi di FH UPNVJ sebelum perkuliahan dimulai maka dilaksanakan Kuliah Umum seperti yang dilaksanakan saat ini. Kiranya kuliah umum ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh mahasiswa khususnya mahasiswa magister hukum. Para pembicara yang dihadirkan merupakan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya sehingga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif terkait Pembangunan, Investasi serta Perkembangan Hukum Bisnis di Era Digitalisasi.

Dr. Iskandar Simorangkir, SE, MA yang juga Deputi I Kemenko Perekonomian RI hadir sebagai pembicara, dalam materinya terkait Peran Pemerintah Dalam Pembangunan dan Investasi serta Regulasinya, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan 5,2% pada tahun 2022. Tumpang tindih regulasi menjadi hambatan investasi di Indonesia. Untuk meningkatkan investasi, daya saing Indonesia masih perlu ditingkatkan. Respon kebijakan untuk meningkatkan investasi salah satunya dengan Undang-Undang Cipta Kerja mendukung reformasi struktural untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan kerja.

Pembicara lainnya dalam kuliah umum yakni Dr. Mahmul Siregar, SH, MHum (Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara) dalam pemaparannya, setiap negara umumnya mengalami saving gap, jumlah biaya yang diperlukkan untuk membiayai pembangunan lebih besr dibandingkan dengan ketersediaan dana untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang direncana. Investasi/ penanaman modal (PMA dan PMDN) menjadi salah satu alternatif pembiayaan yang banyak digunakan oleh negara-negara. Persaingan untuk mendapatkan modal asing semakin kompetitif diantara negara-negara. Structural adjustment, reformasi birokrasi, penyederhanaan regulasi, penataan infrastruktur menjadi pilihan yang banyak dilakukan oleh negara-negara untuk menarik minat investor. Penataan regulasi diperlukan untuk mendukung pembangunan ekonomi, investasi dan aktifitas bisnis.

Pembicara lainnya yakni Prof. Dr. H. Endang Sutrisno, SH, MHum (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon) menyampaikan materi kontinum fungsi hukum dan perubahan sosial.

Hadirnya Undang-Undang Cipta Kerja mendukung reformasi struktural untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan kerja di era digitalisasi. Peran hukum harus ditata dengan baik agar jangan tumpang tindih atau overlapping sehingga pembangunan, iklim investasi dan aktifitas bisnis bisa bertumbuh lebih baik terlebih dalam situasi pandemic covid 19 saat ini.

Ketua Program Studi Magister Hukum UPN Veteran Jakarta Dr. Beniharmoni Harefa, SH, LLM yang juga selaku ketua pelaksanaan Kuliah Umum, menyampaikan bahwa dipilihnya topik pembangunan, investasi dan perkembangan hukum bisnis di era digitalisasi ini, untuk menanggapi isu-isu hukum yang berkembang di masyarakat di era disrupsi saat ini. Selain itu Magister Hukum juga memiliki 4 Konsentrasi yakni Hukum Pidana, Bisnis, Kesehatan dan Kenegaraan. Tema kuliah umum kali ini dikonsentrasikan untuk peminatan hukum bisnis.

Selain itu, sebagai perguruan tinggi negeri, Magister Hukum UPN Veteran Jakarta, akan terus menjadi wadah untuk mengkaji isu-isu hukum yang terjadi di masyarakat. Pada tahun 2022 ini Magister Hukum akan menerima mahasiswa baru angkatan 2022, seleksi akan dimulai pada bulan Maret 2022 melalui website https://pendaftaran.upnvj.ac.id/s2.html

Acara Kuliah umum/ webinar nasional ditutup pada pukul 16.30 WIB dan diikuti oleh peserta yang terdiri dosen, mahasiswa magister hukum UPN Veteran Jakarta serta berbagai kalangan, praktisi, pengamat dan para penegak hukum.

Share
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

×