Prof. Dr. Wicipto Setiadi, S.H.,M.H selaku Guru Besar Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta sekaligus penulis buku pada acara Bedah Buku “Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Berdasarkan Undang-Undang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan” yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta pada Jumat, 31 Mei 2024 di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta.

Pemaparan yang dibawakan oleh Prof. Wicipto Setiadi, S.H.,M.H antara lain mengenai Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan dengan metode omnibus antara lain membentuk Undang-Undang baru sama dengan mencabut beberapa Undang-Undang baru sama dengan mencabut beberapa Undang-Undang terkait sekaligus dan mengubah pasal-pasal pada UU terkait yang masih berlaku. Yang kedua metode atau format “tambal sulam” yaitu merumuskan norma baru dan mengubah atau mencabut beberapa pasal atau ayat dalam UU terkait. Metode “tambal sulam” ini sangat tidak mudah bagi para perancang peraturan perundang-undangan.

Berita Terkait:  Biaya Wisuda Ke-71 UPN “Veteran” Jakarta Semester Genap TA. 2022/2023.

Penyusunan peraturan perundang-undangan menggunakan pencabutan semua Undang-Undang dan metode “tambal sulam”. Metode omnibus tidak hanya diterapkan pada UU Ciptakerja saja dan tidak perlu ada landasan hukum melainkan hanya berupa metode saja.

Share

Contact Us

× Ada yang bisa dibantu?