Pada Kamis, 9 November 2023, bertempat di Veranda Hotel Pakubuwono, Jakarta Selatan FH UPNVJ melaksanakan kegiatan Fullday  Review Kurikulum Program Studi Hukum Program Sarjana dan Magister FH UPNVJ, kegiatan ini turut mengundang Guru Besar, Dekanat, Ketua Gugus Kendali Mutu, Koordinator Bagian Konsentrasi, Sekretaris Bagian Konsentrasi, Dosen Tetap Program Studi Hukum Program Magister , Tenaga Kependidikan FH UPNVJ , serta dihadiri Lurah Pangkalan Jati, Mitra Spesialis Akuisisi Strategis di Hukumonline, Perwakilan Mahasiswa, serta Alumni FH UPNVJ.

Dekan FH  UPN “Veteran” Jakarta Dr. Suherman, S.H., LL.M. Memberikan sambutan dan mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang sudah hadir dan membahas tentang kurikulum dan harus di lakukan review kurikulum sehingga diharapkan dengan ini bisa memberikan  gambaran untuk kurikulum fakultas hukum UPNVJ. Karena ada peraturan baru tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi sehingga harus diselesaikan kurikulum dengan aturan yang baru dan memberikan suatu ruang untuk lebih flexible dan dinamis sehingga bisa merubah kurikulum. Contohnya didalam aturan baru akan di jelaskan oleh narasumber. Diharapkan mahasiswa S1 setelah 7 semester bisa mengambil S2 mau tidak mau harus mengambil karena tidak ada lagi di semester 7 mengambil matakuliah verstrek ungkap Dr. Suherman, S.H., LL.M.

Berita Terkait :  Pembukaan Konferensi Nasional & Call For Paper Hukum Acara Perdata VII Kerjasama ADHAPER dengan FH UPNVJ

Abdul Kholiq, S.H., M.H. Koordinator Program Studi Hukum Program Sarjana FH UPNVJ menjabarkan 5 matakuliah dan 92 matakuliah termasuk kurikulum MBKM, matakuliah wajib universitas , dan matakuliah wajib fakultas, dan teknis kurikulum yang akan ditempuh oleh Mahasiswa sesuai peraturan baru penjaminan mutu pendidikan tinggi. 

Dr. Beniharmoni Harefa S.H., LL.M Wakil Dekan Bidang Akademik juga memberikan informasi terkait Terkait visi misi, Peta kurikulum terdiri dari matrikulasi, serta Hukum Kesehatan FH UPN “Veteran” Jakarta 

Prof. Dr. Mella Ismelina F.R., SH., M.Hum. guru besar FH Univeristas Tarumanegara sebagai narasumber menyampaikan bahwa kurikulum sering berubah kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) belum berjalan sudah ada Kembali dan harus di ikuti mahasiswa mempunyai Hak dan kita wajib menyampaikan menu regular dan MBKM. Mahasiswa dapat memilih kurikulum MBKM dan harus ada persyaratan fakultas serta pedoman. Penempatan MBKM bisa di tempatkan di semester 6 untuk 7 untuk di konferensi. Menelisik Capain pembelajaran kalau mengacu kepada permendikbud prodi dapat menentukan standar ungkap Prof. Dr. Mella Ismelina F.R., SH., M.Hum.

Berita Terkait :  Penyeleksian Tahap Wawancara dan Micro Teaching Calon Dosen Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

Dr. Rena Yulia, SH., MH. anggota asosiasi BKS Dekan FH Wilayah Barat yang juga diundang sebagai narasumber pada kegiatan ini menyampaikan CPL harus terkait dengan sikap pengetahuan umum dan harus dimasukan ke dalam matakuliah dan perlu perhatian khusus pada hal ini. Harus ada review kurikulum 2023, yang  harus dipikirkan hasil review kurikulum yang akan diajukan desember ini. 

Kegiatan ini ditutup dengan sharing session dan sesi tanya jawab yang diajukan oleh para tamu undangan yang terlibat dalam kegiatan ini. 

Share

Contact Us

× Ada yang bisa dibantu?