Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | RPS |
---|---|---|---|---|
I | HKM220101 | Filsafat Hukum | 2 | Download |
HKM220102 | Hukum Pertahanan Keamanan dan Bela Negara | 3 | Download | |
HKM220103 | Penemuan Hukum | 2 | Download | |
HKM220104 | Sejarah Hukum | 2 | Download | |
HKM220105 | Sosiologi Hukum | 2 | Download | |
HKM220106 | Teori Hukum | 2 | Download | |
III | HKM220107 | Hukum Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat | 2 | Download |
HKM220108 | Hukum Dagang Internasional | 2 | Download | |
HKM220109 | Hukum Jaminan Sosial | 2 | Download | |
HKM220110 | Hukum Jasa Keuangan | 2 | Download | |
HKM220111 | Hukum Kontrak Dagang Internasional | 2 | Download | |
HKM220112 | Politik Hukum | 2 | Download | |
HKM220113 | Hukum Hak Asasi Manusia | 2 | Download | |
HKM220114 | Hukum Pidana Internasional | 2 | Download | |
HKM220115 | Hukum Pidana dan Kegiatan Perekonomian | 2 | Download | |
HKM220116 | Tindak Pidana Korporasi | 2 | Download | |
HKM220117 | Tindak Pidana Khusus | 2 | Download | |
HKM220118 | Hukum Kesehatan Masyarakat | 2 | Download | |
HKM220119 | Hukum Pelayanan Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220120 | Hukum Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220121 | Kesehatan dan HAM | 2 | Download | |
HKM220122 | Etika Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220123 | Hukum Pidana dan Perdata Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220124 | Pengujian Peraturan Perundang-Undangan | 2 | Download | |
HKM220125 | Peradilan Tata Usaha Negara | 2 | Download | |
HKM220126 | Penyelesaian Sengketa Pemilu | 2 | Download | |
HKM220127 | Hukum Perundang-Undangan | 2 | Download | |
HKM220128 | Kebijakan Fiskal | 2 | Download | |
TOTAL SKS | 56 |
RPS | ||||
---|---|---|---|---|
Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | RPS |
II | HKM220201 | Hukum Arbitrasi & Alternatif Penyelesaian Sengketa | 2 | Download |
HKM220202 | Hukum Lingkungan | 2 | Download | |
HKM220203 | Hukum Pasar Modal & Investasi | 2 | Download | |
HKM220204 | Hukum Perusahaan & Kepailitan | 2 | Download | |
HKM220205 | Metode Penelitian Hukum | 3 | Download | |
HKM220206 | Hak Kekayaan Intelektual | 2 | Download | |
HKM220207 | Hukum Perlindungan Anak | 2 | Download | |
HKM220208 | Kebijakan Kriminial | 2 | Download | |
HKM220209 | Pembaharuan Hukum Pidana | 2 | Download | |
HKM220210 | Sistem Peradilan Pidana | 2 | Download | |
HKM220212 | Hukum Rumah Sakit | 2 | Download | |
HKM220213 | Bioetik dan Hukum Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220214 | Hukum Obat dan Makanan | 2 | Download | |
HKM220215 | Penyelesaian Sengketa Medis | 2 | Download | |
HKM220216 | Peradilan Profesi Kesehatan | 2 | Download | |
HKM220218 | Hukum Desentralisasi dan Otonomi | 2 | Download | |
HKM220219 | Hukum Keuangan Negara | 2 | Download | |
HKM220220 | Hukum Tata Usaha Negara | 2 | Download | |
HKM220221 | Negara Hukum dan Demokrasi | 2 | Download | |
HKM220222 | Teori Hukum dan Hukum Konstitusi | 2 | Download | |
HKM220223 | Tesis | 6 | Download | |
Total SKS | 41 SKS |
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA | ||||||||
MATA KULIAH WAJIB UNIVERSITAS (MKWU) | ||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) | ||||||||
MATA KULIAH | KODE | RUMPUN MK | BOBOT (SKS) | SEMESTER | TANGGAL PENYUSUNAN | |||
BELA NEGARA | Kode MK sesuai Kurikulum | MKWU | 2 SKS | Sesuai Kurikulum (I,II,III, dst.) | Tanggal Disahkan | |||
OTORISASI | DOSEN PENGEMBANG RPS | KOORDINATOR MK | WAKIL REKTOR BIDANG AKADEMIK | |||||
Dra. Aniek Irawatie, M.Si | Dra. Marina Ery Setiawati, MM | |||||||
Dra. Marina Ery Setiawati, MM | Dr. Anter Venus, MA Comm | |||||||
Drs. Subakdi, MM | ||||||||
Ir. Iswahyuni Adil, MM | KAPUS MKWU & KARAKTER BELA NEGARA | |||||||
Arif Pradono, SS., M.I.Kom | ||||||||
Sofian Purnama, S.Hum, M.Hum | Dra. Aniek Irawatie, M.Si | |||||||
CAPAIAN PEMBELAJAR-AN (CP) | CPL-PRODI (Rumusan Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus Sesuai Kurikulum) | |||||||
S-1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | |||||||
S-2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | |||||||
S-3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||||
S-5 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||||
S-6 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | |||||||
S-7 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |||||||
S-8 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |||||||
S-9 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||||
S-10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | |||||||
S-11 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahan | |||||||
S-12 | Menunjukkan sikap bela negara dalam kehidupan pribadi, kampus, masyarakat, bangsa dan negara | |||||||
KU-1 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. | |||||||
KU-2 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | |||||||
KU-3 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
|||||||
KU-4 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | |||||||
KU-5 | Mampu memlihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
|||||||
KU-6 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. | |||||||
KU-7 | Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|||||||
KU-8 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | |||||||
KU-9 | Mampu mengimplementasikan nilai-nilai bela Negara dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kegiatan pengabdian pada masyarakat, dan kegiatan penciptaan kondisi kampus yang kondusif Terampil mengaplikasikan konsep-konsep mengenai bela negara dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara |
|||||||
KU-10 | Mampu mengkaji secara kritis konsep-konsep mengenai bela negara Menguasai konsep-konsep mengenai kewarganegaraan dan menerapkannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat,berbangsa dan bernegara |
|||||||
KK-1 | Mampu mengkaji secara kritis konsep-konsep mengenai bela negara |
|||||||
KK-2 | Menguasai konsep-konsep mengenai kewarganegaraan dan menerapkannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat,berbangsa dan bernegara | |||||||
P-1 | Menguasai konsep-konsep mengenai Bela Negara | |||||||
DESKRIPSI | Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana seharusnya mahasiswa memiliki sikap dan pandangan terhadap negerinya atas dasar falsafah kebangsaan dan cinta tanah air. Sikap dan pandangan tersebut mencakup pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pemahaman dan dimilikinya rasa tanggung jawab sebagai warganegara. Melalui mata kuliah ini mahasiswa jadinya diharapkan menjadi ilmuwan yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, berkeadaban dalam konteks kekinian dan masa mendatang, serta, menjadi warganegara yang disiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila, serta mampu mengimplementasikan perilaku bela negara. | |||||||
Deskripsi Singkat MK | Mata kuliah Bela Negara dalam setiap subbab materi tentang Konsep Dasar, Nilai Bela Negara, 4 konsensus Dasar negara, Jati diri bangsa, WidyaMwatYasa, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara Berbagai Persfektif, Kejuangan, Impementasi Nilai Kejuangan, Budaya & Bela Negara, Kearifan lokal, Pengetahuan Cyber, Prestasi anak bangsa, Peran kebangsaan & globalisasi. Subbab materi bela negara yang ada dalam RPS ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan penuh tanhhung jawab | |||||||
Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan | 1. Konsep Dasar 2. Nilai Bela Negara 3. 4 konsensus Dasar negara 4. Jati diri bangsa 5. WidyaMwatYasa 6. Wawasan Kebangsaan 7. Bela Negara Berbagai Persfektif 8. UTS 9. Kejuangan 10. Impementasi Nilai Kejuangan 11. Budaya & Bela Negara 12. Kearifan lokal 13. Pengetahuan Cyber 14. Prestasi anak bangsa 15. Peran kebangsaan & globalisasi 16. UAS |
|||||||
Pustaka | Utama: |
1. Kemenhan, Buku Putih Pertahanan Indonesia 2008. Jakarta : Kemenhan. 2008. 2. Kemenhan. Buku Putih Pertahanan Indonesia 2015 Jakarta : Kemenhan. 3. Tim Dosen Penyusun Buku Ajar Pendidikan Bela Negara, 2016, UPNVJ |
||||||
Pendukung: |
1.Yudhi Latif, 2018, Mata air Teladan | |||||||
2. Jurnal Bela Negara | ||||||||
Media Pembelajaran | Perangkat Lunak: (media yang digunakan dalam proses pembelajaran, contoh: E-learning, Youtube, Video, PPT, dsb.) |
Perangkat Keras: (Peralatan yang digunakan dalam proses pembelajaran dikelas, contoh: LCD, Infocus, dsb.) |
||||||
Team Teaching | (Nama Dosen pengampu dalam mata kuliah) | |||||||
Mata Kuliah Syarat | Mata Kuliah yang menjadi prasyarat untuk mengikuti perkuliahan tersebut, jika ada | |||||||
Minggu ke- | Kemampuan Akhir yang Diharapkan | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Waktu | Pengalaman belajar Mahasiswa | Kriteria Penilaian dan Indikator | Bobot Nilai | |
Oientasi; Latihan; Umpan Balik | ||||||||
Daring (online) | Luring (Offline) | |||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) |
1 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan kompetensi dasar • Menjelaskan Gambaran Umum • Menjelaskan Relevansi Terhadap pengetahuan • Menjelaskan Latar Belakang Pendidikan Bela Negara • Menganalisis Landasan-Landasan Pendidikan Bela Negara • Menjelaskan Maksud dan tujuan Pendidikan Bela Negara |
Konsep Dasar Bela Negara • Maksud dan tujuan Pendidikan Bela Negara • Latar Belakang Pendidikan Bela Negara • Landasan-Landasan Pendidikan Bela Negara |
Kontrak studi. Ceramah dan Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online, setelah dosen menyampaikan pengantar dan ketentuan perkuliahan serta materi, mahasiswa melakukan tanya jawab dengan dosen. |
• Ketepatan menjelaskan • Ketepatan menganalisis • Ketepatan mengkomunikasikan |
10 | |
2 | Mahasiswa mampu : Menganala nilai-nilai Bela Negara : Rasa Cinta Tanah Air, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Rela Berkorban,Kemampuan Awal Belaa Negara | Nilai Bela Negara • Rasa Cinta Tanah Air • Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara • Kesadaran Berbangsa dan Bernegara • Rela Berkorban • Kemampuan Awal Belaa Negara |
Kontrak studi. Ceramah dan Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online, setelah dosen menyampaikan pengantar dan ketentuan perkuliahan serta materi, mahasiswa melakukan tanya jawab dengan dosen. | • Ketepatan menjelaskan • Ketepatan menganalisis • Ketepatan mengkomunikasikan |
15 | |
3 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan 4 konsensus Dasar negara • Mengimplemenasikan 4 konsensus Dasar negara |
4 konsensus Dasar negara • Pancasila • UUD 1945 • Bhineka Tunggal Ika • NKRI |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
• Ketepatan menjelaskan • Ketepatan menganalisis • Ketepatan mengkomunikasikan |
15 | |
4 | Mahasiswa mampu : Menjelaskan identitas Nasional Menganalisa Jati diri |
Jati diri bangsa • Identitas Nasional • Jati diri Bangsa |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
• Ketepatan menjelaskan • Ketepatan menganalisis • Ketepatan mengkomunikasikan |
15 | |
5 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan Widya Mwat Yasa sebagai Jati diri UPN “Veteran” Jakarta |
Widya Mwat Yasa • Widya Mwat Yasa sebagai Jati diri UPN “Veteran” Jakarta |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
6 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan Pemahanan wawasan kebangsaan • Menjelaskan Nilai-nilai Kebangsaan • Menjelaskan Kompetensi membentuk karakter bangsa |
Wawasan Kebangsaan • Pemahanan Nasionalisme/wawasan kebangsaan • Nilai-nilai Kebangsaan • Kompetensi membentuk karakter bangsa |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
7 | Mahasiswa mampu • Menjelaskan Bidang Ekonomi dan Bisnis • Menjelaskan Bidang Tehnologi, Informasi dan Keteknikan • Menjelaskan Bidang Sosial dan Humaniora • Menjelaskan Bidang Hukum • Menjelaskan Bidang Kesehatan |
Bela Negara berbagai Perspektif • Bidang Ekonomi dan Bisnis • Bidang Tehnologi, Informasi dan Keteknikan • Bidang Sosial dan Humaniora • Bidang Hukum • Bidang Kesehatan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | |||||||
9 | Mahasiswa mampu : • menjelaskan tentang Kejuangan Bangsa Indonesia • menjelaskan Nilai-nilai Kejuangan 4.Nilai Kejuangan yang diharapkan |
Kejuangan • Pengertian Kejuangan • Kebangkitan Nasional • Nilai-nilai Kejuangan • Nilai Kejuangan yang diharapkan • Tahap-tahap kejuangan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
10 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan mengapa perlu Kejuangan Menjelaskan semangat Pengabdian • Menjelaskan mMasa Perjuangan Era Globalisasi • Menjelaskan Menyiapkan Pemimpin Yang akan datang |
Impementasi Nilai Kejuangan • Mengapa perlu Kejuangan • Semangat Pengabdian • Masa Perjuangan Era Globalisasi • Menyiapkan Pemimpin Yang akan datang |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
11 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan konsep budaya dan nilai yang tumbuh dan hidup di dalam masyarakat • Menganalisis tantangan masyarakat Indonesia di bidang budaya dan nilai dalam menghadapi arus budaya dan nilai-nilai global • Menganalisis apa yang bias dilakukan oleh Generasi Z dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia |
Nilai dan Budaya Indonesia • Konsep Tentang Budaya dan Nilai Masyarakat • Budaya dan Nilai Keindonesiaan Menghadapi Tantangan Arus Budaya dan Nilai-Nilai Global • Generasi Z : Tanggung Jawab terhadap Budaya dan Sikap Bela Negara |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
12 | Mahasiswa mampu : • Menganalisis Pemahanan keraifan lokal • Menganalisis Peran kearifan lokal dlm kehidupan bermasyarakat |
Kearifan Lokal • Pemahanan keraifan lokal • Peran kearifan lokal dlm kehidupan bermasyarakat |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
13 | Mahasiswa mampu : • Menganalisis Pemahaman Pengetahuan cyber • Menganalisis Kewaspadaan Nasional, menghadapi ancaman & tantangan di Cyberspace • Menganalisis Ketahanan nasional memberdayakan potensi di Cyberspace • Menganalisis Masyarakatan digital Indonesia • Menganalisis Gerakan mengelola dinamika cyberspace dalam aksi Bela Negara |
Pengetahuan Cyber • Pemahaman Pengetahuan cyber • Kewaspadaan Nasional, menghadapi ancaman & tantangan di Cyberspace • Ketahanan nasional memberdayakan potensi di Cyberspace • Masyarakatan digital Indonesia • Gerakan mengelola dimanika cyberspace dalam aksi Bela Negara |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
14 | Mahasiswa mampu : • Menjelaskan Pengertian Prestasi dan Macam dan jenis Prestasi • Menjelaskan Makna dan hakekat Prestasi |
Prestasi anak bangsa • Pengertian Prestasi • Macam dan jenis Prestasi • Manfaat dan Tujuan • Makna dan hakekat Prestasi • Pemuda pelopor sejarah bangsa,sadar berkontitusi, kerja keras dan disiplin, reflektif , efektif dan penyelamat bangsa dan negara |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
15 | Mahasiswa mampu Menjelaskan dan menganalisa Bela Negara di Era Globalis |
Peran Kebangsaan dan Globalisasi • Bela Negara di Era Globalisasi |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
100 Menit | Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan. Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan |
Diskusi interaktif Tanya jawab SCL PBL Case methode Project Learning |
15 | |
16 | Ujian Akhir Semester (UAS) |
RUBRIK PENILAIAN DISKUSI KASUS/PRESENTASI/E-LEARNING | |||||||
MATA KULIAH | : | ||||||
DOSEN | : | ||||||
TUGAS MINGGU KE | : | ||||||
KELAS | : | ||||||
HARI/TGL | : | ||||||
No | Aspek yang dinilai | Nilai | Kriteria Nilai | ||||
1 | 4 | Terdiri dari . . . . . Aspek | |||||
3 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
1 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | 4 | Terdiri dari . . . . . Aspek | |||||
3 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
1 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
3 | 4 | Terdiri dari . . . . . Aspek | |||||
3 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
1 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
4 | 4 | Terdiri dari . . . . . Aspek | |||||
3 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
1 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
5 | 4 | Terdiri dari . . . . . Aspek | |||||
3 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
2 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
1 | Terdiri dari . . . . . Aspek | ||||||
NILAI: | jumlah nilai | X 100 | |||||
24 | |||||||
GRADE | SKOR | ||||||
Sangat Kurang | <20 | ||||||
Kurang | 21-40 | ||||||
Cukup | 41-60 | ||||||
Baik | 61-80 | ||||||
Sangat Baik | >81 | ||||||
RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI LANGSUNG / E-LEARNING | |||||||
GRADE | SKOR | INDIKATOR KINERJA | |||||
Sangat Kurang | <20 | Tidak ada ide yang jelas untuk menjawab pertanyaan dalam topik bahasan | |||||
Kurang | 21-40 | Ada ide yang dikemukakan, namun kurang sesuai dengan pertanyaan dalam topik bahasan | |||||
Cukup | 41-60 | Ide yang dikemukakan jelas dan sesuai namun kurang inovatif | |||||
Baik | 61-80 | Ide yang dikemukakan jelas, mampu menyelesaikan masalah, inovatif, cakupan tidak terlalu luas | |||||
Sangat Baik | >81 | Ide jelas, inovatif, dan mampu menyelesaikan masalah dengan cakupan luas | |||||
FORMAT VALIDASI KESESUAIAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) | |||||
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAKARTA | |||||
FAKULTAS | : | ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK | |||
PRODI | : | ||||
MATA KULIAH | : | ||||
DOSEN KORDINATOR | : | ||||
ANGGOTA | : | : 1. | |||
2. | |||||
3. | |||||
4. | |||||
N0 | INDIKATOR | KESESUAIAN | |||
YA | TIDAK | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Standarisasi format (sesuai SN DIKTI Pasal 12) perencanaan proses pembelajaran terdapat 9 komponen minimal yang harus ada dalam RPS + 14 skill 4.0 yang terintegrasi dalam CP dan dibuktikan dengan matriks korelasi skill 4.0 dengan CP tertentu, diukur dalam RPS pada kolom indikator penelitian | ||||
2 | Pemutakhiran referensi | ||||
3 | Penerapan model pembelajaran untuk capaian skills 4.0 (Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pasal 11), terdapat karakteristik proses pembelajaran terdapat 8 sifat interaktif, holistik hingga berpusat pada mahasiswa (Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pasal 14 ayat (3); dan metode pembelajaran | ||||
4 | Rencana contoh kasus yang akan digunakan dalam tatap muka tertentu (format rancangan tugas mahasiswa, penjelasan pengisian rencana tugas mahasiswa | ||||
5 | Ketersediaan contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan nyata (real life) | ||||
6 | Ketersediaan bahan untuk mendukung model pembelajaran | ||||
7 | Penggunaan dosen tamu minimal satu tatap muka | ||||
8 | Pembelajaran e-learning maksimal dua tatap muka | ||||
9 | Pembagian Tatap Muka tiap pokok bahasan | ||||
10 | Ketersediaan hasil riset yang digunakan untuk kedalaman pokok bahasan | ||||
11 | Terdapat kejelasan pembagian tugas dosen pengampu untuk setiap pokok bahasan (team teaching) | ||||
NO | NAMA | JABATAN | TANDA TANGAN | ||
1 | KAPRODI | 1. | |||
2 | WADEK 1 | 2. | |||
3 | KETUA GKM | 3. | |||
4 | DEKAN | 4. | |||
5 | KA LP3M | 5. |