Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

RPS Program Magister Hukum (S-2)

Ganjil

PROGRAM STUDI S-2 MAGISTER HUKUM
Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS RPS
I HKM220101 Filsafat Hukum 2 Download
HKM220102 Hukum Pertahanan Keamanan dan Bela Negara 3 Download
HKM220103 Penemuan Hukum 2 Download
HKM220104 Sejarah Hukum 2 Download
HKM220105 Sosiologi Hukum 2 Download
HKM220106 Teori Hukum 2 Download
III HKM220107 Hukum Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat 2 Download
HKM220108 Hukum Dagang Internasional 2
HKM220109 Hukum Jaminan Sosial 2 Download
HKM220110 Hukum Jasa Keuangan 2 Download
HKM220111 Hukum Kontrak Dagang Internasional 2 Download
HKM220112 Politik Hukum 2 Download
HKM220113 Hukum Hak Asasi Manusia 2 Download
HKM220114 Hukum Pidana Internasional 2 Download
HKM220115 Hukum Pidana dan Kegiatan Perekonomian 2 Download
HKM220116 Tindak Pidana Korporasi 2 Download
HKM220117 Tindak Pidana Khusus 2 Download
HKM220118 Hukum Kesehatan Masyarakat 2 Download
HKM220119 Hukum Pelayanan Kesehatan 2 Download
HKM220120 Hukum Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan 2 Download
HKM220121 Kesehatan dan HAM 2 Download
HKM220122 Etika Kesehatan 2 Download
HKM220123 Hukum Pidana dan Perdata Kesehatan 2
TOTAL SKS 96

RPS Program Magister Hukum (S-2)

Genap

PROGRAM STUDI S-2 MAGISTER HUKUM
Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS RPS
II HKM220201 Hukum Arbitrasi & Alternatif Penyelesaian Sengketa 2 Download
HKM220202 Hukum Lingkungan 2 Download
HKM220203 Hukum Pasar Modal & Investasi 2 Download
HKM220204 Hukum Perusahaan & Kepailitan 2 Download
HKM220205 Metode Penelitian Hukum 3 Download
HKM220206 Hak Kekayaan Intelektual 2
HKM220207 Hukum Perlindungan Anak 2
HKM220208 Kebijakan Kriminial 2
HKM220209 Pembaharuan Hukum Pidana 2
HKM220210 Sistem Peradilan Pidana 2
HKM220212 Hukum Rumah Sakit 2 Download
HKM220213 Bioetik dan Hukum Kesehatan 2 Download
HKM220214 Hukum Obat dan Makanan 2 Download
HKM220215 Penyelesaian Sengketa Medis 2
HKM220216 Peradilan Profesi Kesehatan 2 Download
HKM220218 Hukum Desentralisasi dan Otonomi 2
HKM220219 Hukum Keuangan Negara 2
HKM220220 Hukum Tata Usaha Negara 2
HKM220221 Negara Hukum dan Demokrasi 2
HKM220222 Teori Hukum dan Hukum Konstitusi 2
HKM220223 Tesis 6
Total SKS 41 SKS

Overview

RPS
Rubrik Penilaian
Format Validasi


Sheet 1: RPS

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

MATA KULIAH WAJIB UNIVERSITAS (MKWU)










RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT (SKS) SEMESTER TANGGAL PENYUSUNAN
BELA NEGARA Kode MK sesuai Kurikulum MKWU 2 SKS Sesuai Kurikulum (I,II,III, dst.) Tanggal Disahkan
OTORISASI DOSEN PENGEMBANG RPS KOORDINATOR MK WAKIL REKTOR BIDANG AKADEMIK
Dra. Aniek Irawatie, M.Si Dra. Marina Ery Setiawati, MM



Dra. Marina Ery Setiawati, MM Dr. Anter Venus, MA Comm
Drs. Subakdi, MM



Ir. Iswahyuni Adil, MM KAPUS MKWU & KARAKTER BELA NEGARA
Arif Pradono, SS., M.I.Kom



Sofian Purnama, S.Hum, M.Hum Dra. Aniek Irawatie, M.Si
CAPAIAN PEMBELAJAR-AN (CP) CPL-PRODI (Rumusan Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus Sesuai Kurikulum)
S-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S-2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S-3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S-5 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S-6 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-9 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S-10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S-11 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahan
S-12 Menunjukkan sikap bela negara dalam kehidupan pribadi, kampus, masyarakat, bangsa dan negara


KU-1 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
KU-2 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.


KU-3 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU-4 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU-5 Mampu memlihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU-6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU-7 Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU-8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU-9 Mampu mengimplementasikan nilai-nilai bela Negara dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kegiatan pengabdian pada masyarakat, dan kegiatan penciptaan kondisi kampus yang kondusif
Terampil mengaplikasikan konsep-konsep mengenai bela negara dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara
KU-10 Mampu mengkaji secara kritis konsep-konsep mengenai bela negara
Menguasai konsep-konsep mengenai kewarganegaraan dan menerapkannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat,berbangsa dan bernegara


KK-1 Mampu mengkaji secara kritis konsep-konsep mengenai bela negara
KK-2 Menguasai konsep-konsep mengenai kewarganegaraan dan menerapkannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat,berbangsa dan bernegara


P-1 Menguasai konsep-konsep mengenai Bela Negara

DESKRIPSI Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana seharusnya mahasiswa memiliki sikap dan pandangan terhadap negerinya atas dasar falsafah kebangsaan dan cinta tanah air. Sikap dan pandangan tersebut mencakup pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pemahaman dan dimilikinya rasa tanggung jawab sebagai warganegara. Melalui mata kuliah ini mahasiswa jadinya diharapkan menjadi ilmuwan yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, berkeadaban dalam konteks kekinian dan masa mendatang, serta, menjadi warganegara yang disiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila, serta mampu mengimplementasikan perilaku bela negara.
Deskripsi Singkat MK Mata kuliah Bela Negara dalam setiap subbab materi tentang Konsep Dasar, Nilai Bela Negara, 4 konsensus Dasar negara, Jati diri bangsa, WidyaMwatYasa, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara Berbagai Persfektif, Kejuangan, Impementasi Nilai Kejuangan, Budaya & Bela Negara, Kearifan lokal, Pengetahuan Cyber, Prestasi anak bangsa, Peran kebangsaan & globalisasi. Subbab materi bela negara yang ada dalam RPS ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan penuh tanhhung jawab
Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan 1. Konsep Dasar
2. Nilai Bela Negara
3. 4 konsensus Dasar negara
4. Jati diri bangsa
5. WidyaMwatYasa
6. Wawasan Kebangsaan
7. Bela Negara Berbagai Persfektif
8. UTS
9. Kejuangan
10. Impementasi Nilai Kejuangan
11. Budaya & Bela Negara
12. Kearifan lokal
13. Pengetahuan Cyber
14. Prestasi anak bangsa
15. Peran kebangsaan & globalisasi 16. UAS





Pustaka Utama:
1. Kemenhan, Buku Putih Pertahanan Indonesia 2008. Jakarta : Kemenhan. 2008.
2. Kemenhan. Buku Putih Pertahanan Indonesia 2015 Jakarta : Kemenhan.
3. Tim Dosen Penyusun Buku Ajar Pendidikan Bela Negara, 2016, UPNVJ
Pendukung:
1.Yudhi Latif, 2018, Mata air Teladan
2. Jurnal Bela Negara





Media Pembelajaran Perangkat Lunak:
(media yang digunakan dalam proses pembelajaran, contoh: E-learning, Youtube, Video, PPT, dsb.)

Perangkat Keras:
(Peralatan yang digunakan dalam proses pembelajaran dikelas, contoh: LCD, Infocus, dsb.)

Team Teaching (Nama Dosen pengampu dalam mata kuliah)
Mata Kuliah Syarat Mata Kuliah yang menjadi prasyarat untuk mengikuti perkuliahan tersebut, jika ada









Minggu ke- Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Pengalaman belajar Mahasiswa Kriteria Penilaian dan Indikator Bobot Nilai
Oientasi; Latihan; Umpan Balik
Daring (online) Luring (Offline)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan kompetensi dasar
• Menjelaskan Gambaran Umum
• Menjelaskan Relevansi Terhadap pengetahuan
• Menjelaskan Latar Belakang Pendidikan Bela Negara
• Menganalisis Landasan-Landasan Pendidikan Bela Negara
• Menjelaskan Maksud dan tujuan Pendidikan Bela Negara
Konsep Dasar Bela Negara
• Maksud dan tujuan Pendidikan Bela Negara
• Latar Belakang Pendidikan Bela Negara
• Landasan-Landasan Pendidikan Bela Negara
Kontrak studi. Ceramah dan Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online, setelah dosen menyampaikan pengantar dan ketentuan perkuliahan serta materi, mahasiswa melakukan tanya jawab dengan dosen.

• Ketepatan menjelaskan
• Ketepatan menganalisis
• Ketepatan mengkomunikasikan
10
2 Mahasiswa mampu : Menganala nilai-nilai Bela Negara : Rasa Cinta Tanah Air, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Rela Berkorban,Kemampuan Awal Belaa Negara Nilai Bela Negara
• Rasa Cinta Tanah Air
• Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara
• Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
• Rela Berkorban
• Kemampuan Awal Belaa Negara
Kontrak studi. Ceramah dan Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online, setelah dosen menyampaikan pengantar dan ketentuan perkuliahan serta materi, mahasiswa melakukan tanya jawab dengan dosen.
• Ketepatan menjelaskan
• Ketepatan menganalisis
• Ketepatan mengkomunikasikan
15
3 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan 4 konsensus Dasar negara
• Mengimplemenasikan 4 konsensus Dasar negara
4 konsensus Dasar negara
• Pancasila
• UUD 1945
• Bhineka Tunggal Ika
• NKRI
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

• Ketepatan menjelaskan
• Ketepatan menganalisis
• Ketepatan mengkomunikasikan
15
4 Mahasiswa mampu :
Menjelaskan identitas Nasional
Menganalisa Jati diri
Jati diri bangsa
• Identitas Nasional
• Jati diri Bangsa
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

• Ketepatan menjelaskan
• Ketepatan menganalisis
• Ketepatan mengkomunikasikan
15
5 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan Widya Mwat Yasa sebagai Jati diri UPN “Veteran” Jakarta
Widya Mwat Yasa
• Widya Mwat Yasa sebagai Jati diri UPN “Veteran” Jakarta
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
6 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan Pemahanan wawasan kebangsaan
• Menjelaskan Nilai-nilai Kebangsaan
• Menjelaskan Kompetensi membentuk karakter bangsa
Wawasan Kebangsaan
• Pemahanan Nasionalisme/wawasan kebangsaan
• Nilai-nilai Kebangsaan
• Kompetensi membentuk karakter bangsa
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
7 Mahasiswa mampu
• Menjelaskan Bidang Ekonomi dan Bisnis
• Menjelaskan Bidang Tehnologi, Informasi dan Keteknikan
• Menjelaskan Bidang Sosial dan Humaniora
• Menjelaskan Bidang Hukum
• Menjelaskan Bidang Kesehatan
Bela Negara berbagai Perspektif
• Bidang Ekonomi dan Bisnis
• Bidang Tehnologi, Informasi dan Keteknikan
• Bidang Sosial dan Humaniora
• Bidang Hukum
• Bidang Kesehatan
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
8 Ujian Tengah Semester (UTS)
9 Mahasiswa mampu :
• menjelaskan tentang Kejuangan Bangsa Indonesia
• menjelaskan Nilai-nilai Kejuangan 4.Nilai Kejuangan yang diharapkan
Kejuangan
• Pengertian Kejuangan
• Kebangkitan Nasional
• Nilai-nilai Kejuangan
• Nilai Kejuangan yang diharapkan
• Tahap-tahap kejuangan
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
10 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan mengapa perlu Kejuangan Menjelaskan semangat Pengabdian
• Menjelaskan mMasa Perjuangan Era Globalisasi
• Menjelaskan Menyiapkan Pemimpin Yang akan datang
Impementasi Nilai Kejuangan
• Mengapa perlu Kejuangan
• Semangat Pengabdian
• Masa Perjuangan Era Globalisasi
• Menyiapkan Pemimpin Yang akan datang
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
11 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan konsep budaya dan nilai yang tumbuh dan hidup di dalam masyarakat
• Menganalisis tantangan masyarakat Indonesia di bidang budaya dan nilai dalam menghadapi arus budaya dan nilai-nilai global
• Menganalisis apa yang bias dilakukan oleh Generasi Z dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia
Nilai dan Budaya Indonesia
• Konsep Tentang Budaya dan Nilai Masyarakat
• Budaya dan Nilai Keindonesiaan Menghadapi Tantangan Arus Budaya dan Nilai-Nilai Global
• Generasi Z : Tanggung Jawab terhadap Budaya dan Sikap Bela Negara
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
12 Mahasiswa mampu :
• Menganalisis Pemahanan keraifan lokal
• Menganalisis Peran kearifan lokal dlm kehidupan bermasyarakat
Kearifan Lokal
• Pemahanan keraifan lokal
• Peran kearifan lokal dlm kehidupan bermasyarakat
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
13 Mahasiswa mampu :
• Menganalisis Pemahaman Pengetahuan cyber
• Menganalisis Kewaspadaan Nasional, menghadapi ancaman & tantangan di Cyberspace
• Menganalisis Ketahanan nasional memberdayakan potensi di Cyberspace
• Menganalisis Masyarakatan digital Indonesia
• Menganalisis Gerakan mengelola dinamika cyberspace dalam aksi Bela Negara
Pengetahuan Cyber
• Pemahaman Pengetahuan cyber
• Kewaspadaan Nasional, menghadapi ancaman & tantangan di Cyberspace
• Ketahanan nasional memberdayakan potensi di Cyberspace
• Masyarakatan digital Indonesia
• Gerakan mengelola dimanika cyberspace dalam aksi Bela Negara
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
14 Mahasiswa mampu :
• Menjelaskan Pengertian Prestasi dan Macam dan jenis Prestasi
• Menjelaskan Makna dan hakekat Prestasi
Prestasi anak bangsa
• Pengertian Prestasi
• Macam dan jenis Prestasi
• Manfaat dan Tujuan
• Makna dan hakekat Prestasi
• Pemuda pelopor sejarah bangsa,sadar berkontitusi, kerja keras dan disiplin, reflektif , efektif dan penyelamat bangsa dan negara
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
15 Mahasiswa mampu
Menjelaskan dan menganalisa Bela Negara di Era Globalis
Peran Kebangsaan dan Globalisasi
• Bela Negara di Era Globalisasi
Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
100 Menit Secara online mahasiswa dan dosen melakukan diskusi interaktif mengenai materi perkuliahan.

Kelompok yang diberi tugas, mengumpulkan hasil kerjanya dan wajib aktif mengkomunikasikan

Diskusi interaktif
Tanya jawab
SCL
PBL
Case methode
Project Learning
15
16 Ujian Akhir Semester (UAS)

Sheet 2: Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN DISKUSI KASUS/PRESENTASI/E-LEARNING














MATA KULIAH :




DOSEN :




TUGAS MINGGU KE :




KELAS :




HARI/TGL :




No Aspek yang dinilai Nilai Kriteria Nilai
1
4 Terdiri dari . . . . . Aspek
3 Terdiri dari . . . . . Aspek
2 Terdiri dari . . . . . Aspek
1 Terdiri dari . . . . . Aspek
2
4 Terdiri dari . . . . . Aspek
3 Terdiri dari . . . . . Aspek
2 Terdiri dari . . . . . Aspek
1 Terdiri dari . . . . . Aspek
3
4 Terdiri dari . . . . . Aspek
3 Terdiri dari . . . . . Aspek
2 Terdiri dari . . . . . Aspek
1 Terdiri dari . . . . . Aspek
4
4 Terdiri dari . . . . . Aspek
3 Terdiri dari . . . . . Aspek
2 Terdiri dari . . . . . Aspek
1 Terdiri dari . . . . . Aspek
5
4 Terdiri dari . . . . . Aspek
3 Terdiri dari . . . . . Aspek
2 Terdiri dari . . . . . Aspek
1 Terdiri dari . . . . . Aspek

NILAI: jumlah nilai X 100




24

















GRADE SKOR






Sangat Kurang <20






Kurang 21-40






Cukup 41-60






Baik 61-80






Sangat Baik >81

















RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI LANGSUNG / E-LEARNING









GRADE SKOR INDIKATOR KINERJA


Sangat Kurang <20 Tidak ada ide yang jelas untuk menjawab pertanyaan dalam topik bahasan


Kurang 21-40 Ada ide yang dikemukakan, namun kurang sesuai dengan pertanyaan dalam topik bahasan


Cukup 41-60 Ide yang dikemukakan jelas dan sesuai namun kurang inovatif


Baik 61-80 Ide yang dikemukakan jelas, mampu menyelesaikan masalah, inovatif, cakupan tidak terlalu luas


Sangat Baik >81 Ide jelas, inovatif, dan mampu menyelesaikan masalah dengan cakupan luas



Sheet 3: Format Validasi

FORMAT VALIDASI KESESUAIAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAKARTA

FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK


PRODI :



MATA KULIAH :



DOSEN KORDINATOR :



ANGGOTA : : 1.




2.




3.




4.







N0 INDIKATOR KESESUAIAN
YA TIDAK
1 2 3 4
1 Standarisasi format (sesuai SN DIKTI Pasal 12) perencanaan proses pembelajaran terdapat 9 komponen minimal yang harus ada dalam RPS + 14 skill 4.0 yang terintegrasi dalam CP dan dibuktikan dengan matriks korelasi skill 4.0 dengan CP tertentu, diukur dalam RPS pada kolom indikator penelitian

2 Pemutakhiran referensi

3 Penerapan model pembelajaran untuk capaian skills 4.0 (Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pasal 11), terdapat karakteristik proses pembelajaran terdapat 8 sifat interaktif, holistik hingga berpusat pada mahasiswa (Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pasal 14 ayat (3); dan metode pembelajaran

4 Rencana contoh kasus yang akan digunakan dalam tatap muka tertentu (format rancangan tugas mahasiswa, penjelasan pengisian rencana tugas mahasiswa

5 Ketersediaan contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan nyata (real life)

6 Ketersediaan bahan untuk mendukung model pembelajaran

7 Penggunaan dosen tamu minimal satu tatap muka

8 Pembelajaran e-learning maksimal dua tatap muka

9 Pembagian Tatap Muka tiap pokok bahasan

10 Ketersediaan hasil riset yang digunakan untuk kedalaman pokok bahasan

11 Terdapat kejelasan pembagian tugas dosen pengampu untuk setiap pokok bahasan (team teaching)







NO NAMA JABATAN TANDA TANGAN
1
KAPRODI 1.
2
WADEK 1 2.
3
KETUA GKM 3.
4
DEKAN 4.
5
KA LP3M 5.
×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

×