Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

Kamis, 12 Mei 2022 – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta berkomitmen mengawal tegaknya hukum dalam resiliensi bangsa. Hal ini menjadi tema dalam Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FH UPNVJ), acara puncak Dies Natalis ke 22 ini dilaksanakan Kamis 12 Mei 2022 bertempat di Lt.3 Gedung Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta.

Dalam Laporan Ketua Panitia Dies Natalis FH ke-22, Dr. Heru Sugiyono, SH, MH. menyampaikan bahwa kegiatan puncak acara Dies Natalies FH UPNVJ ke-22 seharusnya digelar pada tanggal 24 April 2022, namun karena waktunya bersamaan dengan bulan suci Ramadhan     1443 H dan agenda penting lainnya, maka pelaksanaannya diundur pada tanggal 12 Mei 2022. Dies Natalis merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, dengan maksud untuk memperingati berdirinya FH UPNVJ dan memberikan wadah bagi mahasiswa/i dalam meningkatkan minat, bakat, dan daya saing melalui berbagai kompetisi yang positif. Rangkaian kegiatan Dies Natalis FH UPNVJ yang ke-22 dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan dengan berbagai macam rangkaian kegiatan, baik yang sifatnya akademik maupun non akademik dengan melibatkan seluruh sivitas akademika FH UPNVJ. 

Adapun rangkaian kegiatan akademik yang sudah terlaksana diantaranya :

  • Disuksi Publik dilaksanakan pada tanggal 8 April 2022 yang diikuti oleh 130 Peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.
  • Lomba Debat dilaksanakan pada tanggal  8 – 10 April 2022 yang diikuti 24 tim berasal dari 20 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

    Pemenang Lomba Debat :
  • Juara I : Tim Ki Hadjar Dewantara (Universitas Indonesia)
  • Juara II : Tim Sultan Hasanuddin (Universitas Padjajaran)
  • Best Speaker : Frans Anugerah Lase (Tim Ki Hadjar Dewantara/Universitas Indonesia)

    Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 April 2022  yang diikuti 17 tim berasal dari 11 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia
  • Juara I : Tim Frans Kaisepo (Universitas Indonesia)
  • Juara II : Tim La Madukelleng (Universitas Gajah Mada)
  • Juara III : Tim Raden Mattaher (Universitas Jember)
  1. Seminar Nasional yang dikemas dalam bentuk National Conference On Law Studies (NCOLS) dilaksanakan pada tanggal 22 April 2022
  2. Seminar Internasional yang dikemas dalam bentuk International Conference On Law Studies (INCOLS) yang dilakansakan pada tanggal 22-23 April 2022
  3. Penulisan Buku Profil FH UPNVJ dan Buku yang ditulis oleh Para Dosen FH UPNVJ yang diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2022.

Sedangkan rangkaian kegiatan non akademik yang diikuti Dosen dan Tendik serta Mahasiswa FH UPNVJ diantaranya :

  1. Jalan Santai, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022
  2. Lomba Balap Karung, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022
  3. Lomba Makan Krupuk, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022
  4. Lomba Sendok Kelereng, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022
  5. Lomba Masukan Paku Dalam Botol, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022
  6. Lomba Masak, dilaksanakan pada tanggal 1 April 2022
  7. Penyuluhan Hukum dilaksanakan pada tanggal 14 Februari – 24 April 2022
  8. Konsultasi Hukum Gratis dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 24 April 2022
  9. Lomba Konten YouTube dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 15 April 2022
  10. Lomba Konten TikTok dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 15 April 2022
  11. Lomba Cipta Puisi dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 15 April 2022
  12. Lomba Pidato Bahasa Inggris dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 15 April 2022
  13. Stand Up Comedy Hukum dilaksanakan pada tanggal 2 Maret – 15 April 2022
  14. Pemilihan Dosen dan Tenaga Kependidikan Teladan diumumkan pada tanggal 12 Mei 2022

Acara puncak Dies Natalis FH ke 22 ini dibuka secara resmi oleh Rektor UPNVJ, Dr. Erna Hernawati, Ak. CPMA, CA, dalam sambutannya Rektor menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Fakultas Hukum, Dekan dan seluruh jajarannya serta seluruh stakeholder di FH atas pencapaian yang dilakukan untuk kemajuan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Pada Puncak Dies Natalis FH ke 22 ini Dekan FH UPNVJ Dr. Abdul Halim, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan berbagai pencapaian yang diraih oleh Fakultas Hukum diantaranya penerbitan 12 buku hasil karya dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum baik program sarjana dan program magister hukum.

Untuk menandai ungkapan syukur atas pencapaian prestasi yang telah diraih oleh FH UPNVJ, dalam acara puncak Dies Natalis FH UPNVJ ke-22, telah dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dr. Abdul Halim, M.Ag selaku Dekan FH dengan didampingi Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, Ak. CPMA, CA., Ketua Senat UPNVJ sekaligus Guru Besar FH UPVNJ Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH., MH., Wakil Rektor II Dr. Prasetyo Hadi, SE, MM, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dekan Fakultas Kedokteran, Kepala LPPM UPNVJ, Kepala LP3M UPNVJ, Ketua SPI UPNVJ, Para Dosen beserta Tendik FH UPNVJ, Perwakilan Mahasiswa S1 dan S2 FH UPNVJ.

Bersamaan dengan acara puncak Dies Natalis FH UPNVJ ke-22 telah dilakukan peluncuran Buku Profil FH UPNVJ dan 11 buku karya Para Dosen FH UPNVJ 

Launcing Buku :

  1. Buku “Teori Tanggungjawab Berjenjang Dalam Tindak Pidana Korporasi Di Indonesia”. Penulis Dr. Handoyo Prasetyo, SH., MH. dan Satino, S.Sos., MH;  Penerbit : Unit Penerbitan UPNVJ.
  2. Buku “Elaborasi Tanggungjawab Pengurus Korporasi Dari Perdata Ke Pidana (Edisi 3)”; Penulis Dr. Handoyo Prasetyo, SH., MH. dan Satino, S. Sos., M.H; Penerbit : Unit Penerbitan UPNVJ.
  3. Buku “Hukum Pidana & Kegiatan Perekonomian”; Penulis Dr. Handoyo Prasetyo, SH., MH. dan Satino, S.Sos., MH; Penerbit : Unit Penerbitan UPNVJ.
  4. Buku “Pengantar Hukum Waris Indonesia”, Penulis: Dr. Iwan Erar Joesoef, S.H., Sp.N., M.Kn & Siti Nurul Intan Sari Dalimunthe, S.H., M.Kn, Penerbit: Deepublish, Yogyakarta.
  5. Buku “Model-Model Kontrak Pemerintah”, Penulis : Dr. Iwan Erar Joesoef, S.H., Sp.N., M.Kn & Ir. Yuliana Yuli Wahyuningsih, M.M., M.H.; Penerbit: LPPM UPN Veteran Jakarta.
  6. Buku “Hukum & Pembangunan”, Penulis : Dr. Iwan Erar Joesoef, S.H., Sp.N., M.Kn & Ir. Yuliana Yuli Wahyuningsih, M.M., M.H.,  Penerbit: LPPM UPN Veteran Jakarta, Jakarta, Januari 2022.
  7. Buku “Pengadaan Tanah dan Pembangunan”, Penulis : Dr. Iwan Erar Joesoef, S.H., Sp.N., M.Kn & Ir. Yuliana Yuli Wahyuningsih, M.M., M.H., Penerbit: LPPM UPN Veteran Jakarta.
  8. Buku “Melawan Dinamika Kapitalisme Dengan Hukum Ekonomi Kerakyatan”. Penulis :                           Dr. Aurora Jillena Meliala, SH., MH.; Penerbit : Rajawali Pers.  
  9. Bookchapter Dosen Hukum Tata Negara dengan Judul : Hukum Pengujian Perundang-undangan terhadap Produk Perundang-undangan di Indonesia; Penerbit Deepublish (CV Budi Utama)
  10. Bookchapter Dosen Hukum Tata Negara dengan Judul : Praktek dan Dinamika Hukum Perundang-undangan; Penerbit Deepublish (CV Budi Utama)
  11. Bookchapter Dosen Hukum Perdata dengan judul : Dialektika Omnibus Law Dalam Perspektif Hukum Ekonomi; Penerbit Deepublish (CV Budi Utama) 
  12. Bookchapter Dosen Hukum Pidana dengan judul : Pemberantasan Korupsi di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19; Penerbit Deepublish (CV Budi Utama)

pembagian hadiah kepada para pemenang lomba serta Pemilihan Dosen Terproduktif yang diraih oleh Rianda Dirkareshza, SH., MH. dan Tendik Terbaik yang diraih oleh Asep Hidayat, S.Pd.

 

adapula ucapan selamat Dies Natalis ke 22 Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta dari luar berikut linknya : https://www.youtube.com/watch?v=fEpF0cuiBxg

Share
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

×